Rabu, 28 Mei 2014

Pendidikan Abad 21

Pendidikan pada hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terprogram untuk membangun manusia supaya bisa lulus hidup dan dapat melindungi diri terhadap alam serta mengatur hubungan antar-manusia..

Melalui pendidikan diharapkan terjadi proses mengembangkan kapasistas diri peserta didik dari generasi ke generasi, sehingga dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan guna merespon dan mengatasi permasalahan dan tantangan hidup yang selalu dinamis dan progresif dari masa ke masa.

Isu dan oreintasi pendidikan abad ke-21adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan (Sumber: Kemendiknas).

iklan2-skema1

Untuk menerapkan perubahan tersebut dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Oleh sebab itu perlu merumuskan  sistem pendidikan yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik (Kemendiknas, 2013). Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Serta oreintasi pensididkan abad ke-21 diharapkan  mampu membelajarkan siswa, sehingga siswa bisa belajar mandiri, tanpa bergantung pada guru. Disamping itu siswa dapat mengeksplorasi potensinya sedniri dengan belajar penemuan dan tugas projek untuk dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar