Kamis, 18 Desember 2014

PERTANYAAN PRODUKTIF

Apa itu pertanyaan produktif...?

Pertanyaan produktif merupakan jenis pertanyaan yang meminta siswa untuk melakukan sesuatu unjuk kerja atau keterampilan proses tertentu. Berbeda dengan pertanyaan konsep yang meminta siswa untuk menghapal atau merecall kembali ingatan pengetahuan yang dimiliki siswa. Pertanyaan produktif lebih bersifat meminta action dan mengurangi beban kognitif siswa. 

Para guru IPA di awal pelajaran sering mengajukan banyak pertanyaan konsep daripada pertanyaan produktif, sehingga siswa yang baru masuk kelas terperangah, merasa dibebani dengan harus mengingat kembali konsep yang telah dipelajarinya. Sebaiknya para guru mencoba berlatih membuat dan mempraktikan pertanyaan produktif kepada siswanya. Berikut contoh beberapa pertanyaan produktif dan teknik bertanya kepada siswa.



No
Pertanyaan
Keterampilan Proses
Indikator
Tindakan
1
Bagaimana karakteristik buah naga ?
Mengmati / Observasi
-  Menggunakan sebanyak mungkin indera
-  Mengumpulkan dan menggunakan fakta yang relevan
Guru membawa buah apel dan memberikan kepada siswa sehingga siwa mengamati buah naga dengan mencari ciri-ciri buah naga dengan melihat, meraba dan melakukan berbagai hal dengan menggunakan seluruh inderanya.
2
Manakah diantara tanaman-tanaman berikut yang termasuk tanaman berdaun lengkap dan tidak lengkap?
Klasifikasi/ mengelompokan
-   Mencari perbedaan dan persamaan
-  Mengontraskan ciri-ciri
-  Membandingkan mencari dasar pengelompokm

Guru membawa  contoh daun dari beberapa tanaman, dan menyuruh siswa melihat dan mengelompokan sesuai dengan pengamatannya dengan ciri yang dimiliki daun tanaman itu.
3
Menurutmu apakah setiap tumbuhan memiliki kemampuan yang sama untuk menghasilkan nektar?
Interpretasi /  menafsirkan
-   Menghubungkan hasil-hasil pengamatan
-   Menentukan pola dalam satu seri pengamatan
-   Menyimpulkan
Siswa mencari hubungan serta mengambil kesimpulan mengenai hubungan hasil pengamatan dengan informasi yang diberikan
4
Apa yang akan terjadi jika setiap hewan mengalami fase haid yang sama dengan manusia?
Meramalkan prediksi
-   Mengemukakan apa yang akan mungkin  terjadi pada keadaan yang belum diamati
Siswa berfikir dan mengemukakan hasil prediksi jika hewan mengalami menstruasi yang sama dengan manusia.
5
Mengapa dinding rahim dapat meluruh dengan mudahnya?
Mengajukan pertanyaan
-   Bertanya bagaimana dan mengapa
-   Bertanya untuk meminta penjelasan
Guru mengajukan pertanyaan kepada pesrerta didik supaya peserta didik
Terstimulasi untuk berpendapat terhadap  pertanyaan yang dijukan.
6
Apa yang kamu fikirkan mengapa tumbuhan yang hendak berbuah selalu ditandai dengan keguguran bunga?
Berhipotesis
-   Mengetahui ada lebih satu kemungkinan penjelasan dari satu kejadian
-   Menyadari bahwa suatu pelajaran perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti dengan lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
siswa berfikir dan membuat jawaban sementara (berhipotesis)
7
suhu seperti apakah yang cocok untuk pertumbuhan embrio pada ikan?
Merencanakan percobaan/ penelitian
-   Menetukan variabel faktor penentu
-   Menetukan apa yang akan diukur, diamati, dicatat

siswa mencoba mengatur suhu yang berbeda-beda pada setiap kegiatan praktikum dan mengamati mana perkemabngan embrio yang baik pada ikan.
8
Menurut pendapatmu mengapa betadin bisa dipakai untuk menguji keberadaan zat karbohidrat?
Menggunakan alat dan bahan
-   Memakai alat dan bahan
-   Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan

Siswa melakukan pengujian karbohidrat dengan menggunakan betadin dan melihat hasil uji karbohidrat kemudian memberikan alasan dari pertanyaan yang telah diberikan guru
9
Informasi apa saja yang kamu dapat ketahui dari grafik persebaran populasi nematoda parasit di daerah jawaBarat yang telah disajiakan?
Berkomunikasi
 -   Membaca grafik atau tabel diagram

Guru menampilkan susatu grafik, Siswa diminta meembaca dan menjelaskan makna grafik tersebut atau siswa diminta  mengemukakan serta  mengambil kesimpulan atau  isi dari grafik yang diberikan.



1 komentar: